Kamis, 26 Februari 2009

Mouse untuk Tuna Netra


GloriaNet - Kebutaan bukan kendala untuk mempelajari komputer. Para ilmuwan kini tengah mengembangkan mouse komputer dengan memanfaatkan teknologi suara yang bisa diakses oleh para penderita tunanetra. Demikian pemberitaan harian Sinar Harapan.

Mike Burton dari Glasgow University dalam festival tahunan British Association for the Advancement of Science mengatakan mouse tersebut bergetar setiap kali menunjuk baris pada layar komputer. Ini membuat para penderita tunanetra mengetahui arah-arah kursor.

"Teknik ini merupakan cara terbaik bagi penderita tunanetra untuk memperoleh informasi," ujar Burton. Ia mengatakan satu dari tugas tersulit yang dihadapi para penderita tuna netra adalah memahami informasi data.

Memperkuat temuan ini, Stephen Brewster dari Glasgow University mengatakan timnya tengah membangun sound graph yang dapat dikombinasikan dengan mouse tersebut. Baris pada graph diwakili dengan nada yang bisa berubah-ubah menurut arah baris, naik atau turun.

Beberapa nada dapat mewakili baris berbeda dari graph yang sama ketika pengguna memasukkan "soundscape". "Anda dapat memperoleh informasi yang lengkap hanya dengan menggunakan suara," ujar Brewster. (GCM/*)

Tidak ada komentar: